#DPPPAKB : Sosialisasi Perlindungan dan Hak Anak

SMK Kartini Jember, Senin, 31 Oktober 2022, Anak adalah seseorang yang berumur kurang dari 18 tahun, tak terkecuali anak yang masih berada dalam kandungan menurut Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014. 

UNICEF memandang perlindungan anak sebagai pencegahan atau respons terhadap insiden pelecehan, eksploitasi, kekerasan dan penelantaran anak. Ini termasuk eksploitasi seksual komersial, perdagangan manusia, pekerja anak dan praktik tradisional yang berbahaya, seperti mutilasi/pemotongan alat kelamin perempuan dan pernikahan anak.

Perlindungan juga memungkinkan anak-anak untuk memiliki akses ke hak-hak mereka yang lain untuk bertahan hidup, berkembang, tumbuh dan berpartisipasi. UNICEF menyatakan bahwa ketika perlindungan anak gagal atau tidak ada, anak-anak memiliki risiko kematian yang lebih tinggi, kesehatan fisik dan mental yang buruk, infeksi HIV/AIDS, masalah pendidikan, perpindahan, tunawisma, gelandangan, dan keterampilan mengasuh anak yang buruk di kemudian hari.

Penting untuk memahami perbedaan antara kedua konsep ini. Hak anak adalah seperangkat prinsip atau cita-cita. Mereka adalah hak dan beberapa di antaranya dapat dibenarkan di pengadilan, tetapi tidak nyata.

Perlindungan adalah salah satu hak tersebut. Tapi Perlindungan Anak lebih dari sekedar hak. Ini adalah kerangka kerja atau sistem yang dengannya hak-hak anak dapat terwujud. Kerangka tersebut terdiri dari berbagai pengemban tugas seperti departemen pemerintah, polisi, sekolah, masyarakat sipil, yang semuanya memiliki peran untuk memastikan bahwa hak-hak anak terpenuhi, dan dalam hal hak-hak anak dilanggar, pelanggar dibawa ke pengadilan dan perawatan diberikan kepada anak.

Perlindungan anak tidak hanya pengobatan, tetapi juga harus bersifat preventif.

Dalama hal untuk menambah pengetahuan anak dan sebagai upaya bersifat preventif ini maka pada hari senin, 31 oktober 2022 DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA kabupaten jember atau biasa disingkat DPPPAKB berkunjung ke SMK Kartini Jember dalam rangka sosialisasi perlindungan anak.

Turut hadir untuk memberikan sambutan yakni ibu kepala SMK KARTINI JEMBER yakni Ibu Hj. Endang Krisnawati, SE, M.Si, bertempat di aula SMK Kartini Jember, Sosialisasi di hadiri oleh kurang lebih 70an siswa perwakilan kelas. dan sebagai pemateri perlindungan anak adalah Bpk. Drs. Joko Sutriswanto, M. Si dari PPPAKB.

Berikut video Sosialisasi perlindungan anak :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.