Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja

Pada tanggal 11-13 Oktober 2023, SMK Kartini Jember menyelenggarakan sebuah workshop yang sangat penting dan relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis dunia kerja. Workshop ini merupakan salah satu upaya SMK Kartini dalam menghadirkan pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan industri dan dunia kerja, sehingga siswa-siswi SMK Kartini siap bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif. Acara ini diadakan dalam rangka memperkenalkan skema pemadanan dukungan, yang akan membawa dampak positif dalam menyelaraskan pendidikan dengan tuntutan dunia industri.

Pemateri pertama dalam workshop ini adalah CV Biru Daun, sebuah perusahaan yang telah berpengalaman dalam dunia industri. Mereka membahas pentingnya kesesuaian antara sarana prasarana sekolah dengan kebutuhan industri. Pembelajaran berbasis industri memerlukan fasilitas yang mendukung agar siswa dapat belajar dengan lebih efektif. Oleh karena itu, penyesuaian sarana prasarana menjadi kunci penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Pemateri kedua adalah seorang pengawas pembina SMK dari Provinsi Jawa Timur. Beliau membahas tentang penyelarasan kurikulum berbasis industri. Kurikulum yang relevan dengan tuntutan industri sangat diperlukan agar siswa dapat memperoleh keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Pemateri ketiga adalah Bapak Amak Yunus E.P, seorang dosen pendamping dari Universitas Kanjuruan Malang. Beliau memaparkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berbasis kompetensi. Ini adalah pendekatan yang sangat relevan dalam pendidikan berbasis dunia kerja, di mana siswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam pekerjaan sehari-hari.

Pemateri keempat datang dari PT. Telkom Indonesia, sebuah perusahaan besar dalam industri telekomunikasi. Mereka membahas program pembelajaran yang melibatkan guru industri. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk belajar langsung dari praktisi di industri, mendapatkan wawasan langsung tentang dunia kerja, dan mendapatkan panduan dari para ahli.

Workshop ini merupakan langkah penting dalam upaya SMK Kartini Jember untuk menyelaraskan pendidikan dengan dunia kerja. Dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang kompeten, seperti CV Biru Daun, pengawas pembina SMK, Bapak AMak Yunus E.P, dan PT. Telkom Indonesia, SMK Kartini telah memastikan bahwa siswa-siswinya akan menerima pendidikan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masa depan. Workshop ini diharapkan akan membantu menciptakan lulusan SMK Kartini yang siap bersaing dan sukses di dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *